Selasa, 23 Juli 2013

Membuat Blog SEO Itu Mudah


Apa kabar? Lama juga gk ngepost di blog ini. Sekarang saya mau mebagikan cara untuk membuat blog SEO Friendly. Terkadang banyak blogger yang tidak tahu apa itu SEO silahkan anda baca yang belum tau apa itu SEO dan pengertianya disini. Silahkan di baca dulu di link tadi.

Yups terkadang para blogger jika di tanya tentang SEO banyak yang tidak tahu, bahkan kalau sudah yang mendalaminya langsung berkata "ah pusing ah gan", padahal kalo kita mendalaminya dengan sungguh sebenarnya sangat mudah sekali. Mudah sekali? Yah saya sendiri mendalaminya dengan membaca di blog master yang udah lama berkecimpung di dunia perseoan, ternyata lebih banyak mengatur struktur SEO nya hanya pada templatenya saja.

Karena itu saya berpikir lagi bahwa sebenarnya Template itu adalah otak di dalam blog itu sendiri dan bagaimana kita sendiri menaruh strukturnya (ilmu) ke template (otak) itu sendiri agar menjadi SEO (pintar), kira-kira seperti itulah strukturnya. Lalu bagaimana menaruh struktur-strukturnya? Oke langsung saja simak di bawah ini sedikit tutorialnya.

1. Mengubah Struktur Page Title
Pastikan anda telah masuk di bagian EDIT template untuk keseluruhaan tutorialnya. Cara ini masih hanya untuk di template default bawaan blogger saja kalau beda bisa anda pintar-pintar meletakannya dan menyesuaikanya. Biasanya format pada template blogger seperti ini JUDUL BLOG : JUDUL POSTING, nah agar lebih mantap dan seo kita rubah menjadi seperti ini JUDUL BLOG | JUDUL POSTING. Dengan cara cari dan kode di bawah ini.

<title><data:blog.pageTitle/></title>

jika sudah ketemu, ganti kode di atas dengan kode di bawah ini.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

2. Memasang meta keywords dan description
Dengan memasang keywords (kata kunci blog) dan description (deskrisi blog) terbukti ampuh membuat blog kita nangkring di page pertama google dan pastinya sangat di sukai google karna hal ini memperjelas tentang blog kita sendiri. Caranya adalah dengan menambahkan kode berikut ini sebelum kode <b:skin> <![CDATA[/*.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi Blog anda" />
<meta name="keywords" content="Kata kunci , kata kunci, kata kunci, kata kunci, kata kunci" />
</b:if>

3. Memasang Breadcrumbs
Breadcrumbs adalah menu navigasi yang terpasangnya label-label yang ada diatas sebuah posting atau artikel. Contohnya bisa dilihat di blog ini. Cara membuat cari di google udah banyak para mastah-mastah yang membuat tutornya.

4. Memasang Related Post (Artikel Terkait)
Ini juga bagus untuk SEO membantu para pengunjung menemukan artikel yang sama dengan topiknya per artikel untuk membuatnya ada dua cara.
  • Membuat dengan gambar baca disini
  • Membuat yang biasa saja baca disini

5. Mematikan setting archive (arsip)
Yang ini juga cari di google banyak juga yang udah ngasih tutornya dengan judul "Cara Mencegah Duplikat Kontent".

6. Tag Heading
Google sangat menyukai sebuah tulisan atau judul dengan tag H1. Oleh karena itu ubahlah ukuran judul posting sobat dengan tag H1. Caranya cari kode berikut :

<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/>
</a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'>
<data:post.title/>
</a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>

ubah tulisan h3 yang saya cetak tebal dalam setiap tagnya menjadi h1. Kemudian tambahkan kode berikut sebelum kode ]]></b:skin>.

h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }

7. Sabar
Nah inilah kunci dari setiap tantangan yang kita jalani. Setelah itu nikmati kelegitan visitor dari om google maupun nanti anda ingin membuka bisnis dengan cara membuat jasa pemasangan iklan di blog kalian.

Oke mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan pada saat ini. Akhir kata terus semangat berpuasanya, sekian dan terima kasih.
Rating: 4.5 out of 5

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Seo Pemula - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz